Laman

Sabtu, 20 April 2013

MAKALAH HUBUNGAN ANTROPOLOGI dan GIZI Hubungan Budaya Minum Teh dengan Status Gizi



oleh Dwi Retno Yulianti
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada zaman sekarang banyak sekali orang yang kekurangan gizi atau mengalami gizi buruk.Masalah ini sangat meresahkan sekali, karena asupan gizi itu penting sekali bagi kelangsungan hidup manusia.Mengkonsumsi gizi yang baik dapat mencegah penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit dan tubuh menjadi sehat. Kekurangan gizi ini bisa diakibatkan oleh panen yang gagal, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang gizi itu sendiri, dan bisa diakibatkan oleh kebiasaan-kebiasaan atau pantangan-pantangan yang dianut atau dipercaya oleh suatu masyarakat, Pantangan tersebut misalnya  tidak boleh memakan atau mengkonsumsi suatu makanan yang justru mengandung banyak gizi.Selain itu, kebiasaan juga dapat menimbulkan kurangnya asupan gizi, dimana orang kebiasaan makan atau minum seseorang dapat mempengaruhi status gizi orang tersebut.
Adanya masalah ini memotivasi penulis untuk menyusun makalah yang berjudul “HUBUNGAN ANTARA ANTROPOLOGI DENGAN GIZI”, untuk mengetahui secara kebiasaan-kebiasaan suatu masyarakat dalam hubungannya dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman. Hal ini diharapkan dapat memecahkan masalah atau setidaknya dapat memberikan pengetahuan kepada kita tentang masalah kekurangan gizi ini.Supaya kita dapat memperbaiki tentang masalah gizi ini, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan orang banyak.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan antropologi  dan cabang-cabangnnya?sertaApa konsep kebudayaan dalam antropologi ?
2. Apa yang dimaksud dengan gizi ?
3. Apa hubungan antara antropogi dengan gizi ?
4. Apapengaruh budaya minum teh terhadap status gizi seseorang?
5. Bgaimana solusi yang dianjurkan untuk mengatasi masalah kurangnya gizi yang berkaitan dengan budaya tersebut ?
1.3 Tujuan
1. Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan antropologi dan gizi dan cabang-cabangnnya serta untuklebih  memahami konsep kebudayaan dalam antropologi.
2. Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan gizi.
3. Untuk mengetahui hubungan antara antropologi dengan gizi.
4. Untuk mengetahui pengaruh budya masyarakat yang teh terhadap status gizi  mereka.
5. Untuk mengetahui solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masaalah tersebut.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Antropologi
a. Pengertian Antropologi
Menurut Drs.Ariyono Suyuno Antropologi berasal dari kata latin yaituAntropos yang berarti manusia dan logos atau akal. Dengan begitu antropologi dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang berusaha mencapai pengertian tentang makhluk manusia dengan masyarakat serta kebudayaan.Antropologi sosial adlah suati cabang ilmu yang mempelajari sejumlah kebudayaan tadi dan akhirnya merumuskan hukum – hukum yang berlaku umum untuk kepentingan manusia. Kebudayaan adalah keseluruhan hasil daya budhi cipta,karya dan karsa manusia yang diperguakan untuk memahami lingkungan sertapengalamannya agar menjadi pedoman bagi tingkah lakunya sesuai dengan unsur – unsur universal didalamnya.
Antropologi kesehatan adalah studi tentang pengaruh unsur-unsur budaya terhadap penghayatan masyarakat tentang penyakit dan kesehatan (Solita Sarwono, 1993)
Banyak orang berpikir bahwa para ahli Antropologi adalah ilmuwan yang hanya tertarik pada peninggalan-peninggalan masa lalu; Antroplogi bekerja menggali sisa-sisa kehidupan masa lalu untuk mendapatkan pecahan guciguci tua, peralatan –peralatan dari batu dan kemudian mencoba memberi arti dari apa yang ditemukannya itu. Antropologi memang tertarik pada masa lampau.Mereka ingin tahu tentang asal-mula manusia dan perkembangannya, dan mereka juga mempelajari masyarakat-masyarakat yang masih sederhana (sering disebut dengan primitif).Tetapi sekarang Antropologi juga mempelajari tingkah-laku manusia di tempat-tempat umum seperti di restaurant, rumah-sakit dan ditempat-tempat bisnis modern lainnya. Mereka juga tertarik dengan bentukbentukpemerintahan atau negara modern yang ada sekarang ini samatertariknya ketika mereka mempelajari bentuk-bentuk pemerintahan yang sederhana yang terjadi pada masa lampau atau masih terjadi pada masyarakat-masyarakat di daerah yang terpencil.
b. Cabang-cabang ilmu antropologi
Cabang-cabang dalam Ilmu Antropologi Seperti ilmu-ilmu lain, Antropologi juga mempunyai spesialisasi ataupengkhususan. Secara umum ada 3 bidang spesialisasi dari Antropologi yaitu Antropologi Fisik atau sering disebut juga dengan istilah AntropologiRagawi.Arkeologi dan Antropologi Sosial-Budaya.
Antropologi Fisik 
Antropologi Fisik tertarik pada sisi fisik dari manusia. Termasuk didalamnya mempelajari gen-gen yang menentukan struktur dari tubuh manusia.Mereka melihat perkembangan mahluk manusia sejak manusia itu mulai ada di bumi sampai manusia yang ada sekarang ini.Beberapa ahli Antropologi Fisik menjadi terkenal dengan penemuan-penemuan fosil yang membantu memberikan keterangan mengenai perkembangan manusia. Ahli Antropologi Fisik yang lain menjadi terkenal karena keahlian forensiknya; mereka membantu dengan menyampaikan pendapat mereka pada sidangsidang pengadilan dan membantu pihak berwenang dalam penyelidikan kasus-kasus pembunuhan.
Arkeologi
Ahli Arkeologi bekerja mencari benda-benda peninggalan manusia dari masa lampau.Mereka akhirnya banyak melakukan penggalian untuk menemukan sisa-sisa peralatan hidup atau senjata.Benda –benda ini adalah barang tambang mereka.Tujuannya adalah menggunakan bukti-bukti yang mereka dapatkan untuk merekonstruksi atau membentuk kembali modelmodel kehidupan pada masa lampau.Dengan melihat pada bentuk kehidupan yang direnkonstruksi tersebut dapat dibuat dugaan-dugaan bagaimana masyarakat yang sisa-sisanya diteliti itu hidup atau bagaimana mereka datang ketempat itu atau bahkan dengan siapa saja mereka itu dulu berinteraksi.
Antropologi Sosial-Budaya
Antropologi Sosial-Budaya atau lebih sering disebut Antropologi Budaya berhubungan dengan apa yang sering disebut dengan Etnologi. Ilmu ini mempelajari tingkah-laku manusia, baik itu tingkah-laku individu atau tingkah laku kelompok. Tingkah-laku yang dipelajari disini bukan hanya kegiatan yang bisa diamati dengan mata saja, tetapi juga apa yang ada dalam pikiran mereka. Pada manusia, tingkah-laku ini tergantung pada proses pembelajaran. Apa yang mereka lakukan adalah hasil dari proses belajar yang dilakukan oleh manusia sepanjang hidupnya disadari atau tidak. Mereka mempelajari bagaimana bertingkah-laku ini dengan cara mencontoh atau belajar dari generasi diatasnya dan juga dari lingkungan alam dan sosialyang ada disekelilingnya. Inilah yang oleh para ahli Antropologi disebutdengan kebudayaan.Kebudayaan dari kelompok-kelompok manusia, baikitu kelompok kecil maupun kelompok yang sangat besar inilah yang menjadi objek spesial dari penelitian-penelitian Antropologi Sosial Budaya.Dalam perkembangannya Antropologi Sosial-Budaya ini memecah lagi kedalam bentuk-bentuk spesialisasi atau pengkhususan disesuaikan dengan bidang kajian yang dipelajari atau diteliti.Antroplogi Hukum yang mempelajari bentuk-bentuk hukum pada kelompok-kelompok masyarakat atau Antropologi Ekonomi yang mempelajari gejala-gejala serta bentuk-bentuk perekonomian pada kelompok-kelompok masyarakat adalah dua contoh dari sekian banyak bentuk spesialasi dalam Antropologi Sosial-Budaya.
c. Konsep kebudayaan
Kata Kebudayaan atau budaya adalah kata yang sering dikaitkan dengan Antropologi.Secara pasti, Antropologi tidak mempunyai hak eksklusif untuk menggunakan istilah ini.Seniman seperti penari atau pelukis dan lain-lain juga memakai istilah ini atau diasosiasikan dengan istilah ini, bahkan pemerintahjuga mempunyai departemen untuk ini.Konsep ini memang sangat sering digunakan oleh Antropologi dan telah tersebar kemasyarakat luas bahwa Antropologi bekerja atau menelitiapa yang sering disebut dengan kebudayaan. Seringnya istilah ini digunakan oleh Antropologi dalam pekerjaan-pekerjaannya bukan berarti para ahli Antropolgi mempunyai pengertian yang sama tentang istilah tersebut. Seorang Ahli Antropologi yang mencoba mengumpulkan definisi yang pernah dibuat mengatakan ada sekitar 160 defenisi kebudayaan yang dibuat oleh para ahli Antropologi.Tetapi dari sekian banyak definisi tersebut ada suatu persetujuan bersama diantara para ahli Antropologi tentang arti dari istilah tersebut. Salah satu definisi kebudayaan dalam Antropologi dibuat seorang ahli bernama Ralph Linton yang memberikan defenisi kebudayaan yang berbeda dengan pengertian kebudayaan dalam kehidupan sehari-hari:
“Kebudayaan adalah seluruh cara kehidupan dari masyarakat dan tidak hanya mengenai sebagian tata cara hidup saja yang dianggap lebih tinggi dan lebih diinginkan”.
Jadi, kebudayaan menunjuk pada berbagai aspek kehidupan.Istilah ini meliputi cara-cara berlaku, kepercayaan-kepercayaan dan sikap-sikap, dan juga hasil dari kegiatan manusia yang khas untuk suatu masyarakat atau kelompok penduduk tertentu.Seperti semua konsep-konsep ilmiah, konsep kebudayaan berhubungandengan beberapa aspek “di luar sana” yang hendak diteliti oleh seorangilmuwan. Konsep-konsep kebudayaan yang dibuat membantu peneliti dalam melakukan pekerjaannya sehingga ia tahu apa yang harus dipelajari. Salah satu hal yang diperhatikan dalam penelitian Antropologi adalah perbedaan dan persamaan mahluk manusia dengan mahluk bukan manusia seperti simpanse atau orang-utan yang secara fisik banyak mempunyai kesamaankesamaan.Bagaimana konsep kebudayaan membantu dalam membandingkan mahluk-mahluk ini?Isu yang sangat penting disini adalah kemampuan belajar dari berbagai mahluk hidup. Lebah melakukan aktifitasnya hari demi hari, bulan demi bulan dan tahun demi tahun dalam bentuk yang sama. Setiap jenis lebah mempunyai pekerjaan yang khusus dan melakukan kegiatannya secara kontinyu tanpa memperdulikan perubahan lingkungan disekitarnya.Lebah pekerja terus sibuk mengumpulkan madu untuk koloninya. Tingkah laku ini sudah terprogram dalam gen mereka yang berubah secara sangat lambat dalam mengikuti perubahan lingkungan di sekitarnya. Perubahan tingkah laku lebah akhirnya harus menunggu perubahan dalam gen nya. Hasilnya adalah tingkah-laku lebah menjadi tidak fleksibel.Berbeda dengan manusia, tingkah laku manusia sangat fleksibel.Hal ini terjadi karena kemampuan yang luar biasa dari manusia untuk belajar dari pengalamannya. Benar bahwa manusia tidak terlalu istimewa dalam belajar karena mahluk lainnya pun ada yang mampu belajar, tetapi kemampuan belajar dari manusia sangat luar-biasa dan hal lain yang juga sangat penting adalah kemampuannya untuk beradaptasi dengan apa yang telah dipelajari itu.
(Jurnal Antropologi Papua)
2.2 Gizi
Gizi merupakan zat yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dan untuk mengetahui tentang gizi ini kita harus lebih mendalam mempelajari tentang gizi. Almatsier (2004 : 3) menyatakan ilmu gizi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makanan dalam hubungannya dengan kesehatan optimal. Kata “gizi” berasal dari bahasa Arab Ghidza, yang berarti “makanan”. Di satu sisi ilmu gizi berkaitan dengan makanan dan di sisi lain dengan tubuh manusia.Menurut Almatsier (2004 : 3) zat gizi adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya yaitu menghasilkan energi, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur proses-proses jaringan. Dengan demikian, apabila kita memilih makanan sehari-hari kita harus memilih dengan baik karena makanan yang baik dapat memberikan semua zat gizi yang dibutuhkan untuk fungsi normal tubuh.Jadi apabila kita memilih makanan, kita harus memilih makanan yang mengandung zat gizi yang berfungsi seperti yang dikatakan oleh Almatseir.zat-zat gizi yang dapat memberikan energi adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Oksidasi zat-zat gizi ini menghasilkan energi yang diperlukan tubuh untuk melakukan kegiatan/aktivitas.Kegiatan tubuh yaitu untuk :
a. Pertumbuhan dan pemelihara jaringan tubuh menggunakan  protein, mineral, dan air adalah bagian dari jaringan tubuh. Oleh karena itu, diperlukan untuk membentuk sel-sel baru, memelihara, dan mengganti sel-sel yang rusak. 
b. Mengatur proses tubuh menggunakan protein, mineral, air, dan vitamin diperlukan untuk mengatur proses tubuh. Protein mengatur keseimbangan air di dalam sel, bertindak sebagai buffer dalam upaya memelihara netralitas tubuh dan membentuk antibodi sebagai pangkal organisme yang bersifat infektif dan bahan-bahan asing yang dapat masuk ke dalam tubuh. 
( Almatsier, 2004 )
Gizi baik adalah keadaan gizi seseorang menurut ukuran berat badan dan umur sesuai dengn acuan baku atau normal. Keadaan gizi yang baik terjadi karena adanya keseimbangan jumlah makanan yang dimakan dan yang dibutuhkan tubuh.
Gizi salah (malnutrition)adalah keadaan gizi akibat kekurangan atau kelebihan secara relative maupun absolut pada satu atau lebih gizi.Dapat berupa kekurangan gizi (undernutrition), kelebihan gizi (overnutrition), kekuranagan zat gizi tertentu (specific deficiency), ketidakseimbanagn zat-zat gizi (imbalance).
(Sandjaja, 2010)
2.3 Hubungan antara Antropologi dengan Gizi
Hubungan antropologi dengan gizi ini sangat erat. Seseorang atau suatu kelompok masyarakat mengalami gizi buruk atau kekurangan gizi bukan hanya karena masalah ekonomi, akan tetapi bisa juga diakibatkan oleh kepercayaan atau budaya seseorang. Banyak sekali terdapat suatu kelompok masyarakat yang mengalami gizi buruk dikarenakan mereka percaya kepada kepercayaan atau kebudayaan mereka. Terkadang mereka mengalami gizi buruk padahal ekonomi mereka mencukupi. Ini karena mereka tidak mau memakan makanan yang seharusnya mereka makan karena mereka percaya kepada kebudayaan dan kpercayaan mereka, padahal makanan tersebut mengandung banyak zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Hal ini menyebabkan banyaknya suatu kelompok masyarakat yang kekurangan gizi, padahal dalam kelompok masyarakat itu terdapat cukup banyak makanan yang mengandung gizi. Terkadang kecil sekali kemungkinan kita dapat memperbaiki gizi disuatu  daerah, jika apa yang kita sarankan itu bertentangan dengan kebudayaan mereka. Mempelajari ilmu antropologi kita akan mengetahui bagaimana menangani masalah kesehatan atau kekurangan gizi suatu masyarakat serta dengan ilmu ini kita dapat meyakinkan masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan betapa pentingnya makanan yang mengandung gizi untuk tubuh kita. Kita juga dapat menyarankan kepada masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi yang tidak bertentangan dengan kebudayaan mereka. Memang  kita akan kesulitan  untuk merubah perilaku seseorang yang diakibatkan oleh budaya, hal itu akan memakan atau membutuhkan proses yang lama dan panjang.
2.4 Pengaruh Budaya Teh terhadap Status Gizi
a. Budaya minum teh di Indonesia 
Tradisi minum teh telah menjadi kebudayaan besar dalam sejarah manusia. Tercatat dalam beberapa kebudayaan, minum teh menjadi tradisi yang membutuhkan keterampilan tersendiri untuk menyajikannya, bahkan dibuatkan upacara segala untuk menikmatiny. Di indonesia teh pertama kali dikenal pada tahun 1686, yaitu ketika Dr. Andreas Cleyer yang berkebangsaan Belanda membawa tanaman ini ke Indonesia sebagai tanaman hias. Pada tahun 1728 pemerintah Belanda mulai membudidayakan tanaman ini -terutama di pulau Jawa- dengan mendatangkan biji-biji teh dari China. Semenjak itu dimulailah kebiasaan untuk minum teh. 
Teh menjadi sedemikian berakar dalam kehidupan masyarakat indonesia, bahkan rakyat jawa mempunyai filsafat teh. Teh, adalah salah satu minuman yang tidak asing di Indonesia. Minuman ini bisa didapatkan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Seperti di kota Jogja. Setiap malam, terutama sepanjang jalan Malioboro, akan terlihat banyak sekali tempat-tempat minum teh yang biasa disebut “angkringan“.  Masyarakat dari berbagai kalangan dan status sosial seperti pengemudi becak, pedagang asongan, seniman dan pelajar/mahasiswa, tak segan-segan berkumpul dan mengobrol dengan santainya di tempat ini. Angkringan ini awalnya hanya tempat untuk minum teh sambil mengaso, tetapi pada perkembangannya, angkringan juga berfungsi sebagai warung makan sekaligus tempat bersantai. Walaupun sudah tersedia aneka macam makanan dan minuman, “wedang teh” tetap menjadi menu utama dari angkringan ini.  Minuman teh yang menjadi favorit para pengunjung adalah “Nasgitel”, kepanjangan dari panas-legi-kenthel atau panas-manis dan kental”. enis teh yang dihidangkan dan cara meminumnya pun agak berbeda, Nasgitel menggunakan “teh merah” atau “teh hitam” yang dipadu dengan “gula batu” yang sangat manis. Penyajiannya biasanya berupa kotokan (daun teh kering) yang diseduh dengan air mendidih, disajikan dalam gelas plus beberapa butir gula batu yang disajikan terpisah. Setelah seduhan teh dihidangkan, pelanggan biasanya segera memasukkan gula batu kedalamnya. Proses ini sampai dengan wedang teh siap diminum memerlukan waktu sekitar 10 menit, sambil menunggu biasanya pelanggan akan menikmati makanan kecil seperti ketela goreng, pisang goreng, singkong rebus, uli (juadah) dan lain sebagainya.
Demikian juga mengenai kebiasaan minum teh di tataran Sunda. Dahulu, mereka meminum teh memakai mangkok dari batok kelapa dan tatakan dari bambu sambil menghangatkan badan di dekat perapian. Kebiasaan ini biasa disebut sebagai “nganyeut”. Sedangkan di wilayah Jawa Timur khususnya Surabaya, walaupun di daerah Lawang-Wonoasri Jatim terdapat berhektar-hektar kebun teh, minuman ini masih dianggap sesuatu yang mewah untuk menyuguhi tamu. Dan sampai saat ini, jika teh disajikan tanpa gula adalah minuman aneh, tidak mengherankan jika teh hijau kemasan yang non sugar di supermarket- supermarket di Surabaya selalu rapi tak tersentuh.
Jika dilihat dari nilai filosofi, sosial, agama dan seni, kebiasaan minum teh di masyarakat kita tidak bisa di sepadankan dengan budaya Jepang dan China. Untuk mereka, minum teh adalah satu seni yang mempunyai banyak sekali aturan dan tata cara yang harus dilalui. Sebenarnya, cara meminum teh di Indonesia yang menggunakan Poci tanah liat (Teh Poci), juga memiliki nilai lebih, karena didalamnya juga mengandung filosofi. Hanya saja kebiasaan ini memang belum memberikan apresiasi lebih terhadap teh itu sendiri.
(wonojoyo.com/ ratna.wina@oktomagazine.com)
b. Pengaruh the terhadap asupan gizi

2.5 Mengatasi Budaya tersebut yang mempengaruhi asupan gizi seseorang
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Daftar Pustaka
Anonim.2012.Pengaruh badan dan hormon.http://meetdoctor.com/article/pengaruh-berat- badan-dan-hormon.Di akses 28 Oktober 2012.
Colby, S Diane. 1988. Ringkasan Biokimia Harper. EGC : Jakarta.
Harianto,Yudika. 2011. Oksidasi Asam Lemak. 
Mulligan, K dkk.2009. The effects of recombinant human leptin on visceral fat,  dyslipidemia, and insulin resistance in patients with human immunodeficiency virus- associated lipoatrophy and hypoleptinemia. Journal of Clinical Endocrinology and  Metabolism 94(4): 1137-1144. 
Poedjiadi,Anna DKK.2006.Dasar-Dasar Biokimia. Jakarta:Universitas Indonesia (UI-Press).
Sartika ,Ratu Ayu Dewi.2011.FAKTOR RISIKO OBESITAS PADA ANAK 5-15 TAHUN DI INDONESIA. Jurnal MAKARA, KESEHATAN.15:37-43.(journal.ui.ac.id)
Sukeksi ,Andri dan Herlisa Anggraini.(2009). Kadar Kolesterol Darah Pada Penderita  Kelurahan KORPRI Sambiroto Semarang.Jurnal Kesehatan.2:26-29.(http ://J u rna I.  u n im us.ac.id.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar